Pages

Thursday, January 6, 2011

kisi2 uas agama islam versi:1


1.        
·         ilmu pengetahuan = suatu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan secara logis terhadap berbagai masalah untuk menentukan hakikat dan prinsip tentang hal yang sedang di pelajari baik fisika atau metafisika dengan metode" tertentu yang berguna bagi kehidupan manusia.
·         ilmu menurut alquran = mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupan, baik masa kini maupun masa depan, fisika atau metafisika.

2.        
Keutamaan orang yang berilmu = di tempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari pada yang lainnya.
5 ulama muslim
- abu abas alfarghani                      alfraganus           pengantar kepada ilmu bintang
- abu ali al haitsam                           alchazen              kamus optika
- jabir ibn hayyan                             geber                    ilmu kimia
- zakariyya ar razi                              razes                     penemu air raksa, cacar
- ali ibn isa                                           jeru haly              catatan bagi dokter mata

3.        
·         dalil ontology = segala sesuatu ada pasti ada sebabnya. rangkaian sebab-akibat ini tidak mungkin tanpa ada ujung, yaitu sebab yang tidak di sebabkan lagi. dan dia adalah penyebab pertama(prima caosa). dia itulah pasti tuhan. jadi tuhan itu ada.

·         dalil kosmologi = semua yang ada di alam semesta ini berada secara teratur, harmonis satu dengan yang lain. setiap yang ada, berada dalam posisinya sebagaimana adanya dan tidak bisa mengatur di posisi mana di alam raya ini. kualitas pengatur ini tentu maha pandai. yang memiliki kualitas demikian itu tidak lain pastilah tuhan. jadi tuhan itu pastilah ada.

4.        
penciptaan manusia menurut Al-Quran surat Al-Muqminun 11-14 = kami menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang di simpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang. lalu tulang belulang itu kami bungkus daging, kemudia kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain.

tanggung jawab manusia = makhluk allah yang memiliki dimensi materi dan dimensi ruhani. kedua dimensi itu manusia dapatkan untuk melaksanakan kehendaknya dan menunaikan tanggung jawab di hadapan allah maupun di antara sesama manusia dan makhluk
5.        
·         pendapat imam al gozali tentang orang yang berilmu = barang siapa berilmu, membimbing manusia dan memanfaatkan ilmunya bagi orang lain, bagaikan matahari selain menerangi dirinya juga menerangi orang lain.

·         dalil Al-Quran keutamaan orang yang berilmu = Surat Al – Mujadilah ayat 11

6.        
iman = manyakini apa saja yang datang dari allah dengan kualitas yakin penuh tanpa ragu tidak mempertanyakan dan tidak membantah

rukun iman =
- iman kepada allah
- iman kepada para malaikat
- iman kepeda kitab - kitab allah
- iman kepada rosul
- iman kepada hari akhir
- iman kepada qada dan qodar

7.        
iman dan iptek harus di integrasikan = saint tanpa seni akan terasa hampa, tetapi sangat berbahaya jika iptek dan seni (ipteks) tidak ada roh iman.

teknologi bersifat netral = teknologi dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat atau bisa juga digunakan untuk kehancuran semesta. tentu saja itu semua berprluang pada itekad manuasia itu sendiri yang sangat di pengaruhi oleh kualitas imannya.

8.        
innamabuitsuliutammimamakarimalakhlak = Sesungguhnya aku diutus kebumi ini untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak

9.        
wamaarsalnakaillarahmatanlilalamin = Dan tiadalah Kami mengutuskamu, melainka nuntuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (QS.21 AL ANBYAA' ayat 107)

No comments:

Post a Comment